WEST COURSE

This was the first golf course ever built on the hillside of Bogor. Thomson Wolveridge and Perret were lucky to have such a natural terrain. measuring 6,075 meters, it is picturesque and patience when you play your first round. Course management is a must and so is the right club selection.

HOLES 1

Par 4 pendek dengan jarak dari tee biru 385 M, Hole ini merupakan signature hole dengan elevasi ketinggian dari daerah tee sekitar 50-60 M di atas fairway, untuk pemain yang long hitter dapat melakukan pukulan langsung ke arah green dengan penuh resiko dan mengarahkan bola memotong barisan pohon cemara disamping kiri fairway. Bagi pemain yang bermain safety di hole ini dapat mengarahkan bola ke sisi kiri bunker fairway dengan menyisakan jarak sekitar 100 M ke green, approach shot ke green ada hazard di kanan green dan pot bunker di depan green yang akan menjadi rintangan untuk menaklukan hole ini apabila pukulan nya tidak akurat dalam penempatan bola ke green

BLUE 385
WHITE 355
RED 335
PAR 4
STROKE 7

HOLES 2

Hole 2 par 4 jarak dari tee biru 320 M dan tee putih 300 M, ciri khas hole ini adalah memiliki dua fairway dengan beda tinggi 10 m antara fairway atas dan fairway bawah. Untuk pemain yang long hitter mengarahkan bola ke arah fairway atas dengan target pohon kelapa, sedang untuk pemain yang pemula atau senior sebaiknya menempatkan bola di fairway bawah. Strategi bermain agar bisa menaklukan hole ini adalah penempatan bola approach shot di green menjadi kunci utama, di atas green posisi bola akan lebih mudah untuk putt jika bola ditempatkan sebelum pin posisi dan akan menglami kesulitan jika bola berada ada diatas pin posisi karena jika gagal putt kemungkinan bola kan keluar green lagi dan pemain harus extra hati-hati.

BLUE 320
WHITE 300
RED 270
PAR 4
STROKE 5

HOLES 3

Par 3 jarak dari tee biru 200 M dan tee putih 170 M ciri khas hole ini adalah elevasi dari teeing ground ke green kurang lebih 30 m turun, ada deretan flower bed di depan dan ada 3 bunker yang menjaga green akan menjadi hambatan pemain dalam membuat birdie di hole ini. Yang unik dari hole ini adalah green yang tidak rata dan mempunyai dua level serta miring ke kanan dan jika bola yang jatuh ke green maka bola akan mudah untuk keluar green atau lewat ke green, pemilihan club yang tepat dan penempatan bola diatas akan menjadi kunci utama untuk menaklukan hole ini.

BLUE 200
WHITE 170
RED 150
PAR 3
STROKE 15

HOLES 4

Par 4 dengan jarak dari tee biru 310 M dan tee putih 280 M hole ini mempunyai fairway yang lebih lebar dan sebelah kanan fairway ada kelompok batu dan bunker fairway. Hole ini mempunyai tingkat kesulitan tinggi terutama approach shot nya elevasi naik untuk pukulan ke green dengan jarak 100 M untuk mencapai hasil yang maximal di hole ini perhatikan penempatan bola di green karena green hole ini juga mempunyai dua level atas dan bawah diusahakan bola ditempatkan sebelum pin posisi karena tingkat kesulitan hole ini juga terlatak di green.

BLUE 310
WHITE 280
RED 250
PAR 4
STROKE 11

HOLES 5

Par 3 jarak dari tee biru 180 M dan tee putih 160 M naik, hole ini ada dua daerah tee yaitu daerah tee bawah dan daerah tee atas yang masing-masing mempunyai strategi tersendiri untuk menaklukan hole ini. Hole ini termasuk par 3 yang susah dengan kondisi green yang naik dan dikelilingi ole bunker dan untuk mencapai score yang terbaik di hole ini pemilihan jenis club dan kemampuan membaca break kontur green sangat menentukan.

BLUE 180
WHITE 160
RED 145
PAR 3
STROKE 13

HOLES 6

Par 5 pendek jarak dari tee biru 505 M dan tee putih 475 M fairway yang lebar dan tidak ada bunker hanya ada beberapa kelompok pohon kelapa di sisi kiri fairway membuat pemain menggunakan driver shot nya dengan kekuatan penuh untuk memperoleh jarak maksimal. Strategi memilih club dan penempatan bola dengan tepat menjadi kunci untuk menaklukkan hole ini karena di depan green ada rintangan air/water hazard dengan lebar 40 m sehingga penghitungan jarak dan jenis club yang akan dipergunakan sangatlah menentukan guna mencapai score terbaik untuk hole ini.

BLUE 505
WHITE 475
RED 445
PAR 5
STROKE 1

HOLES 7

Par 3 dengan jarak dari tee biru 150 M dan tee putih138 M posisi green naik dari daerah tee, hole ini di kelilingi oleh sungai cikeas dan ada beberapa bunker di kiri green. Untuk mendapat hasil score yang maximal hole ini bisa langsung target ke pin, tingkat kesulitan yang perlu di waspadai untuk hole ini adalah tekanan angin dan slope green

BLUE 150
WHITE 130
RED 129
PAR 3
STROKE 17

HOLES 8

Par 4 dengan jarak dari tee biru 370 M dan dari tee putih 350 M, rintangan air atau water hazar ada di depan tee ground, dan bunker ada di sisi kanan fairway, penempatan bola yang tepat di fairway akan memperpendek second shot ke green dengan jarak kurang lebih 80 m karena fairway turun ke arah green. Kesulitan hole ini terletak pada saat second shot karena green di jaga oleh banker di kedua sisi green kanan dan kiri. Untuk membuat score yang baik di hole ini terletak pada kontrol pukulan dan penguasaan kontur green

BLUE 370
WHITE 350
RED 295
PAR 4
STROKE 9

HOLES 9

Par 5 dengan jarak dari tee biru 445 M dan dari tee putih 425 M, pukulan driver pemain harus melewati danau dengan lebar 145 m dan di fairway kanan ada bunker. Pukulan aman first shot diarahkan ke sebalah kanan kelompok pohon kelapa. Kesulitan hole ini terletak pada fairway yang sempit, adanya rintangan air/water hazard di kanan fairway, fairway yang naik sampai ke green serta muka green yang tidak kelihatan.

Untuk menaklukan hole ini dan meddapatkan score bagus selain pukulan yang jauh, juga faktor fisik, penentuan posisi bola second shot, penempatan bola yang akurat dan tentunya harus didukung dengan pemilihan club yang tepat serta keahlian dalam membaca kontur green.

BLUE 445
WHITE 425
RED 385
PAR 5
STROKE 3

HOLES 10

Par 4 jarak tee biru 378 M dan tee putih 350 M, landing zone ada bunker di sebelah kiri fairway. Untuk mendapatkan pukulan aman di hole ini adalah bola ditempatkan di kanan bunker dan untuk pemain yang pukulan jauh bisa potong bunker. Pemilihan club dan penempatan bola di green menjadi kunci untuk menaklukan hole ini mengingat bahwa di kanan green ada bunker yang cukup dalam dan sebelah kiri green juga ada bunker. Untuk target on green pemain mengarahkan bola ke sebelah kiri green jika posisi pin ditempatkan di tengah green, karena kontur green hole ini miring ke kanan agar supaya bola bergulir mendekati pin dan ketelitian membaca break kontur green juga sangat menentukan.

BLUE 378
WHITE 350
RED 317
PAR 4
STROKE 10

HOLES 11

Par 3 pendek jarak dari tee biru 135 M dan tee putih 127 M untuk bisa mencapai posisi green pemain harus melewati danau, posisi green naik, ada bunker di sisi kiri green yang akan mempersulit untuk mendapatkan birdie di hole ini, disamping itu juga break contour green sedikit susah.

BLUE 135
WHITE 127
RED 117
PAR 3
STROKE 18

HOLES 12

Par 5 jarak dari tee biru 536 M dan tee putih 496 M untuk first shot yang aman di hole ini dengan mengarahkan bola ke kiri bunker. Tingkat kesulitan hole ini terletak dijarak yang relatif jauh, barisan bunker fairway dari jarak 250 m ke green dan kontur green. Untuk menghasilkan score yang rendah di hole ini diperlukan akurasi pukulan second shot nya karena fairway yang menyempit dan bunker memanjang di sebelah kanan fairway. Apabila pukulan tidak akurat bola bisa berada di bunker atau berada diantara pohon-pohon yang menyulitkan untuk pukulan selanjutnya. Pemain juga harus extra hati-hati pada saat pukulan approach shot karena di sebelah kanan green ada bunker yang cukup dalam dan hal yang terpenting adalah akurasi membaca break kontur green karena green hole ini terbilang susah dimanapun pin posisi diletakan.

BLUE 536
WHITE 496
RED 460
PAR 5
STROKE 2

HOLES 13

Par 4 dengan jarak dari tee biru 375 M dan tee putih 342 M karakteristik hole ini adalah fairway dogleg ke kanan, sebelah kiri ada bunker, sebelah kanan fairway kelompok pohon. Pemilihan club di hole ini sangat menentukan untuk pemain yang mempunyai long hitter bisa potong ke arah kanan fairway dan bola akan berada di daerah sekitar green, bagi pemain yang bermain safety pemain mengambil arah fairway kanan bunker dan second shot hanya tinggal jarak 130 m. Hal yang perlu diberhatikan pada waktu second shot di hole ini adalah sebelah kanan green ada bunker dan depan green ada kompok batu yang akan menyulitkan approch shot ke arah green dan green hole ini relative lebih mudah.

BLUE 375
WHITE 342
RED 308
PAR 4
STROKE 12

HOLES 14

Par 5 jarak dari tee biru 536 M dan tee putih 496 M untuk first shot yang aman di hole ini dengan mengarahkan bola ke kiri bunker. Tingkat kesulitan hole ini terletak dijarak yang relatif jauh, barisan bunker fairway dari jarak 250 m ke green dan kontur green. Untuk menghasilkan score yang rendah di hole ini diperlukan akurasi pukulan second shot nya karena fairway yang menyempit dan bunker memanjang di sebelah kanan fairway. Apabila pukulan tidak akurat bola bisa berada di bunker atau berada diantara pohon-pohon yang menyulitkan untuk pukulan selanjutnya. Pemain juga harus extra hati-hati pada saat pukulan approach shot karena di sebelah kanan green ada bunker yang cukup dalam dan hal yang terpenting adalah akurasi membaca break kontur green karena green hole ini terbilang susah dimanapun pin posisi diletakan.

BLUE 367
WHITE 350
RED 295
PAR 4
STROKE 8

HOLES 15

Par 3 naik dengan jarak dari tee biru 167 dan tee putih 142 M untuk bisa menghasikan score bagus di hole ini adalah pemilihan club yang tepat untuk bola langsung on the green. Kesulitan di hole ini ada tiga bunker di kiri green dan satu bunker di kanan green Kontur green hole ini terbilang susah jadi memerlukan pengamatan yang cermat untuk melakukan putting.

BLUE 167
WHITE 142
RED 96
PAR 3
STROKE 16

HOLES 16

Par 5 jarak dari tee biru 455 M dari tee putih 426 M untuk par 5 hole ini terbilang pendek bagi yang long hitter bisa mencapai green dengan 2 pukulan titik aman hole ini adalah pukul ke arah pohon kelapa sebelum green terdapat bunker yang menjadi faktor kesulitan hole ini, green hole ini terbilang tidak susah tetapi harus tetap berhati-hati dalam membedakan dan mengamati jenis rumput.

BLUE 455
WHITE 426
RED 368
PAR 5
STROKE 4

HOLES 17

Par 4 jarak dari tee tee biru 422 M dan dari tee putih 400 M hole ini memiliki fairway yang lurus dan menurun untuk bisa mencapai score yang maximal hole ini memerlukan pukulan yang jauh untuk tee off dihole ini ambil lurus tengah farway ,selanjutnya untuk pukulan second shot yang harus diperhatikan adalah posisi kaki yang harus kuat karena posisi farway yang menurun, di sebelah kanan green terdapat bunker kemiringan green hole ini terbilang susah dibaca faktor ketelitian yang akan menentukan keberhasilan putting dihole ini.

BLUE 422
WHITE 400
RED 340
PAR 4
STROKE 14

HOLES 18

Par 4 jarak dari tee biru 385 M dari tee putih 357 M hole ini terbilang sulit dari faktor jarak dan fairway yang sedikit naik serta dogleg kiri, bagi pemain yang long hiter dapat mengambil arah sebelah kiri atau potong pohon bola akan menyisakan jarak lebih pendek kegreen dan bagi pemain yang akan bermain aman lebih baik mengambil arah pohon asoka atau tanda jarak patok 150. Kanan dan kiri green terdapat bunker yang menjadi faktor kesulitan lagi apabila pukan second shot kekanan atau kekiri ,untuk green hole ini juga perlu diperhatikan konturnya.

BLUE 385
WHITE 357
RED 318
PAR 4
STROKE 6